MANUSIA dan CINTA KASIH

PENGERTIAN CINTA KASIH

Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke-21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu.

  • Dr Sarlito W. Sarwono berpendapat bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu:
  1. Keterikatan: Adanya perasaan untuk hanya bersama seseorang yang kita cintaiatau kita kasihi, segala prioritas hanya untuk dia, tidak mau pergi dengan oranglain kecuali dengan dia. Kalau janji dengan dia harus ditepati, ada uang sedikitbeli oleh-oleh untuk dia.
  2. Keintiman: Adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkanbahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilanformal seperti bapak, Ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil namaatau panggilan sayang dan sebagainya. Makan dan minum dari satu piring-cangkirtanpa rasa risih ataupun jengah, pinjam meminjam baju, saling memakai uangtanpa rasa berhutang, tidak saling menyimpan rahasia dan lainnya.
  3. Kemesraan: Adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa rindu jika jauh ataulama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang,dan suasana-suasana yang menimbulkan rasa romantis.

Teori Segitiga Cinta dikembangkan oleh Robert J. Sternberg, seorang psikolog di Tufts University. Menurut teorinya, terdiri dari tiga unsur setiap contoh yang diberikan dari hubungan antarpribadi.

Salah satu elemen adalah keintiman, dengan mana dimaksudkan keintiman emosional, yang melibatkan tingkat kepercayaan yang tinggi antara dua individu. Elemen kedua adalah gairah, yang didorong oleh daya tarik seksual. Unsur ketiga adalah dikenal sebagai komitmen, yang merupakan upaya sadar untuk mempertahankan hubungan.

Sebagai nama teori menunjukkan, masing-masing tiga unsur digambarkan sebagai sebuah titik pada segitiga. Sekarang bayangkan bahwa masing-masing tiga poin menarik diri dari dua lainnya, terus-menerus mencoba untuk warp segitiga sama kaki (sama sisi) terbentuk sempurna. Jika semua tiga poin sama-sama kuat, maka kesetimbangan akan terus, tapi jika ada kesenjangan dalam kekuatan, segitiga akan meregang. Ini adalah bagaimana Sternberg dilihat cinta. Dia dikategorikan tujuh kemungkinan berbeda berdasarkan di mana titik atau poin didominasi (pada kenyataannya, ada kemungkinan kedelapan: jika tidak ada dari tiga elemen hadir sama sekali, maka tidak ada cinta, bayangkan segitiga runtuh ke dalam dirinya sendiri).
Sebuah hubungan dengan ketiga elemen dalam kekuatan yang sama adalah apa yang disebut Sternberg Biasanya ini adalah yang ideal setelah orang berusaha “cinta yang sempurna.”. Enam bentuk lain dari cinta fitur satu atau dua titik pada segitiga mendominasi. Ini dapat dibagi menjadi permutasi sederhana atau kompleks: dalam kategori sederhana, salah satu elemen memerintah tertinggi selama dua lainnya, sementara di kompleks, dua elemen kerumunan keluar yang ketiga lemah.
Ketika ada keintiman tanpa gairah atau komitmen, hasilnya adalah persahabatan, sekadar “menyukai” daripada Ketika gairah saja mendominasi, kegilaan, keinginan fisik hampir mindless, hasil “mencintai.”. Ketika komitmen hanya hadir tanpa keinginan fisik atau emosional yang mendasari, dalam pernikahan tanpa cinta misalnya, tampaknya ada apa Sternberg menyebut “cinta kosong.” Ketika kekuatan dominan adalah keintiman dan gairah, hasilnya adalah cinta romantis, yang merasa secara fisik dan emosional yang kuat tetapi juga sekilas. Ketika keintiman dan komitmen membayangi gairah, cinta itu dikenal sebagai “companionate” (bayangkan sebuah pasangan suami istri tua yang bahagia bersama-sama tetapi tidak lagi merasakan keinginan seksual satu sama lain). Akhirnya, ketika ada gairah dan komitmen, tetapi keintiman tidak, cinta itu “bodoh”; mempertimbangkan dua orang yang bertemu di Las Vegas, memiliki malam penuh gairah liar, dan kemudian menikah di sebuah kapel drive-thru tanpa pernah mengenal satu sama lain!

Meskipun cinta sempurna berfungsi sebagai ideal, yang tidak mengatakan tidak ada nilai dalam bentuk lain dari cinta. Persahabatan, misalnya, adalah berharga dalam dirinya sendiri, dan tentu saja, sayang companionate lebih diterima di antara dua saudara kandung daripada jenis yang sempurna. Hal ini juga harus diingat bahwa segitiga tidak statis, tetapi dinamis; mungkin berubah seiring waktu dengan keadaan baru. Bahkan sekali cinta yang sempurna dicapai, tidak dapat diambil begitu saja, tetapi terus-menerus diperkuat oleh tindakan-tindakan positif dan dedikasi. Menggambar pada lebih dari 30 tahun sejarah pemberian gelar dalam psikologi profesional, universitas terjangkau telah mengembangkan kurikulum yang berfokus pada keterampilan interpersonal dan pengalaman praktis di samping belajar akademik. Karena mendapat gelar adalah satu hal. Berhasil, cukup lain.

CINTA MENURUT AJARAN AGAMA

Cinta yang hakii adalah sebentuk perasaan yang mendorong kita untuk semakin semangat mendekat kepada allah. Cinta  hakiki adalah ibadah hati yang membantu kita untuk lebih ringan mengerjakan perintah allah dan menjauhi larangannya.aik ibadah murni maupun ibadah muamalah. Cinta  hakiki akan menjadikan jiwa kita mulia, bukan syahwat atau maksiat  yang di tuju, Cinta rabbani menjadikan kita  tinggi mulia ,bukan malah menjadikan kita hina dan rendah diinjak oleh nafsu.

Cinta bersyair :’”Cintailah saudaramu sebagaimana engkau mencintai dirimu sendiri”’.Buah dan  hasilnya : “ Orang – orang yang saling mencintai , Allah akan menaungi mereka di bawah naungannya,pada hari tidak naungan kecuali naungannya.”

Para cinta mengorbankan jiwa, darah, air mata, dan hidup mereka untuk menolong serta meninggikan agama ini, saling berlomba meraih surga allah. Allah berfirman : Adapun orang – orang yang beriman amat sangat cintanya kepada allah.(QS.Al-Baqoroh 2:165).

KASIH SAYANG

Kasih sayang disini bukan sekedar hubungan asmara antara seorang laki-laki dan perempuan. Namun lebih bersifat universal seperti terhadap sahabat, teman,keluarga, saudara, dan lainnya. Dan yang perlu ditekankan adalah bahwa kasih sayangyang tulus itu selalu punya sifat yang ikhlas dan lebih banyak memberi daripadamenerima. Kepentingan diri sendiri sering dinomor duakan demi kebahagiaan orangyang dikasihi dan disayanginya.
Kasih sayang merupakan anugerah dari Tuhan untuk kita yang bertujuanuntuk menentramkan dunia dengan kedamaian yang Ia berikan. Untuk itulah setiaporang harus mengerti makna kasih sayang agar bisa saling menghargai kepribadiandari orang lain meskipun banyak sekali perbedaan yang kita miliki. Karena darisinilah akan tercipta keharmonisan yang aman dalam bentuk kasih sayang.

KEMESRAAN

Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab.kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga.  Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Filusuf Rusia dalam bukunya makna kasih mengatakan “jika seorang pemuda jatuh cinta pada seorang gadis secara serius, ia terlempar keluar dari cinta diri, Ia mulai hidup untuk orang lain”  Pernyataan ini dijabarkan secara indah oleh William Shakespeare dalam kisah “Romeo dan Juliet”, bila di Indonesia kisah ”Roro Mendut dan Prono Citro”  Yose Ortage Y. Gasset dalam novelnya “On Love” mengatakan, dikedalam sanubarinya seorang pencinta merasa dirinya bersatu tanpa syarat dengan obyek cintanya. Persatuan bersifat kebersamaan yang mendasar dan melibatkan seluruh eksistensinya. Selanjutnya Yose mengatakan, bahwa si pencinta tidaklah kehilangan pribadinya dalam aliran enersi cinta tersebut. Malahan pribadinya akan diperkaya, dan dibebaskan. Cinta yang demikian merupakan pintu bagi seseorang untuk mengenal dirinya sendiri.

Kemampuan mencinta memberi nilai hidup kita, dan menjadi ukuran terpenting dalam menentukan apakah kita maju atau tidak dalam evolusi kita.  Dari uraian diatas terlihat betapa agung dan sucinya cinta itu. Bila seseoarng mengobral cinta, maka orang itu merusak nilai cinta, yang berarti menurunkan martabat dirinya sendiri. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan adalah perwujudan cinta. gereja, di candi bahkan ditempat-tempat yang dianggap keramat merupakan perwujudan dari pemujaan kepada Tuhan atau yang dianggap Tuhan.

Pemujaan-pemujaan itu sebenarnya karena manusia ingin berkomunikasi dengan Tuhanya, hal ini berarti manusia mohon ampun atas segala dosanya, mohon perlindungan, mohon dilimpahkan kebijaksanaan, agar ditunjukan jalan yang benar, mohon ditambahkan segala kekurangan yang ada padanya,dllnya. Bila setiap hari sekian kali manusia manusia memuja kebesaranya dan selalu dan selalu mohon apa yang kita inginkan, dan Tuhan selalu mengabulkan permintaan umat-Nya, maka wajarlah cinta manusia kepada Tuhan adalah cinta mutlak. Cinta yang tak dapat ditawar-tawar lagi, alangkah besar dosa kita, apabila kita tidak mencintai-Nya, meskipun hanya sekejap.

PEMUJAAN

Pemujaan dimulai sejak manusia dilahirkan dengan akal yang dimilikinya. Manusia telah berfikir kritis tentang alam dan kejadiannya. Hal ini dapat diwujudkan dengan mengagumi dan bersyukur kepada Sang Pencipta. Dalam mencari bentuk-bentuk pemujaan dapat berupa ibadah sebagai media komunikasi antara manusia dengan Tuhan, membangun tempat ibadah yang sebaik-baiknya, mencipta lagu, puisi, novel, film, dan sebagainya yang bertema mencintai Sang Pencipta.

BELAS KASIHAN

Belas kasih adalah kebajikan di mana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme-dasar ke tertinggi prinsi-prinsip dalam filsafat, masyarakat, dan kepribadian .
Dalam surat Al –Qolam ayat 4,” maka manusia menaruh belas kasihan kepada orang lain, karena belas kasihan adalah perbuatan orang yang berbudi. Sedangkan orang yang berbudi sangat dipujikan oleh Allah SWT.”

Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berahlak. Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia mengggugah potensi belas kasihannya itu. Bila orang itu tergugah hatinya maka berarti orang berbudi dan terpujilah oleh Allah SWT.

CINTA KASIH EROTIS

cinta kasih erotis, yaitu kehausan akan penyatuan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang. Pada hakekatnya cinta kasih tersebut bersifat bersifatekslusif, bukan universal, dan juga barangkali merupakan bentuk cinta kasihyang paling tidak dapat dipercaya.

Dengan demikian maka, baik pandangan bahea cinta kasih erotis merupakan atraksi individual belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak lain dari pada perbuatan , kemauan kedua-duanya, atau lebih tepat jika dikatakan bahwa tidak terdapat pada yang lain satu, juga tidak pada yang lain. Oleh karena itu, gagasan bahwahubungan pernikahan mudah saja diputuskan apabila orang tidak sukses didalamnya, merupakan gagasan yangsama sekali keliru dengan gagasan bahwa hubungan semacam itu, didalam keadaan bagaimanapun , tidak boleh diputuskan.

sumber :

id.wikipedia.org/wiki/Cinta
http://www.scribd.com/doc/89247095/Tugas-Makalah-Ilmu-Budaya-Dasar
http://www.perkuliahan.com/makalah-ilmu-budaya-dasar-cinta-dan-kasih-sayang/
dunia-ramal.blogspot.com/2011/12/teori-segitiga-cinta.html
http://www.pustakasekolah.com/pengertian-kemesraan.html
id.shvoong.com/social-sciences/anthropology/2189133-pengertian-kasih-sayang-cinta-kemesraan/
meiliaupstar.blogspot.com/2011/11/pengertian-cinta-kasih-kasih-sayang.html
ocw.gunadarma.ac.id/course/psychology/study-program-of-psychology-s1/ilmu-budaya-dasar/manusia-dan-cinta-kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s