PENGGUNAAN KODE ETIK IT DALAM PENGGUNAAN IT

     Semakin berkembang nya jaman yang diikuti dengan semakin berkembang pula teknologi masa kini menjadikan perkembangan dunia menuju dunia tanpa batas (borderless world). Hal tersebut membuat suatu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, teknologi informasi telah menawarkan berbagai macam kemudahan seperti kecepatan akses data dan in!ormasi, pemecahan masalah serta otomatisasi pekerjaan dan sebagainya. Pada perkembangannnya, beberapa faktor negatif terjadi berkaitan dengan  pengunaan sistem in!ormasi oleh manusia, mengingat dalam menggunakan komputer,  pengguna berhubungan dengan sesuatu yang tidak tampak. Dibalik kecepatan, kecermatan dan keotomatisan dalam memproses pekerjaan, ternyata teknologi informasi memuat dilema-dilema etis sebagai akibat sampingan dari adanya unsur manusia sebagai  pembuat sekaligus penggunanya.

       Dari hal tersebut dapat terlihat manusia sebagai pencipta sekaligus pengguna akhirnya menjadi faktor yang sangat menentukan untuk kelancaran dan juga keamanan dalam teknologi. Hal inilah yang menciptakan unsur etika sebagai faktor yang menentukan dalam bidan teknologi informasi. Terciptanya etika dalam bidang teknologi informasi tidak lepas dari adanya pelanggaran-pelanggaran dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain etika sangat dibutuhkan untuk dijadikan dasar atau pedoman pemanfaatan teknologi informasi yang lebih baik dan aman oleh masyarakat luas.

            Adapun salah satu contoh atau praktek penggunaan kode etik dalam bidang teknologi informasi adalah sebagai berikut:

  • Kode Etik Pengguna internet:
  1. Menghindari dan tidak mempublikasi informasi yang memiliki tendensi menyinggung secara langsung dan negatif masalah suku, agama dan ras(sara),termasuk didalamnya usaha penghinaan, pelecehan, pendiskreditan, penyiksaan sertasegala bentuk pelanggaran hak atas perseorangan, kelompok, lembaga atau institusi lain.
  2. Menghindari dan tidak mempublikasi informasi yang secara langsung berkaitan dengan masalah pornografi dan nudisme dalam segala bentuk.
  3. Menghindari dan tidak mempublikasikan informasi yang berisi instruksi untukmelakukan perbuatan melawan hukum, illegal, positif di Indonesia dan ketentuan internasional umumnya.
  4. Tidak mempergunakan, mempublikasikan dan atau saling bertukar materi dan informasi yang memiliki korelasi terhadap kegiatan pirating, hacking dan cracking.
  5. bila mempergunakan script, program, tulisan, gambar foto, animasi, suara atau bentuk materi dan informasi lainnya yang bukan hasil karya sendiri harus mencantumkan identitas sumber dan pemilik hak cipta bila ada dan bersedia untuk melakukan pencabutan bila ada yang mengajukan keberatan serta bertanggung jawabatas segala konsekuensi yang mungkin timbul karenanya.
  6. Menghormati etika dan segala macam peraturan yang berlaku dimasyarakat internet umumnya dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap segala muatan, isi situsnya.

  • Kode Etik Penggunaan Fasilitas Internet di Kantor
  1. Menghindari penggunaaan fasilitas internet di luar keperluan kantor atau untuk kepentingan sendiri.
  2. Tidak menggunakan internet untuk mempublikasi atau bertukar informasi internal kantor kepada pihak luar secara ilegal.
  3. Tidak melakukan kegiatan piratinghacking atau cracking terhadap fasilitas internet kantor.
  4. Mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh kantor dalam penggunaan fasilitas
    internet.

   Namun secara umum ada beberapa contoh kode etik yang harus diperhatikan dalam penggunaan teknologi informasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Tidak memberikan user ID dan password kepada orang lain untuk masuk kedalam sebuah sistem. Tidak diperkenankan pula untuk menggunakan user ID orang lain untuk masuk ke sebuah sistem.
  2. Menjunjung tinggi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Misalnya, pencantuman url website yang menjadi referensi tulisan kita baik di mediacetak atau elektronik.
  3. Tetap bersikap sopan dan santun walaupun tidak bertatap muka secara langsung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s